Tuesday, October 17, 2017

Modul 8 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

Modul 8 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO



RANGKUMAN

MODUL 8

Eksternalitas dan Barang Publik



Kegiatan Belajar 1

Eksternalitas

          Eksternalitas terjadi ketika sebuah aksi atau keputusan seseorang atau sekelompok manusia menimbulkan biaya atau memberi keuntungan pada pihak lain, serta tidak ada mekanisme kompensasi. Eksternalitas terdiri dari eksternalitas positif dan eksternalitas negatif.
          Jika sebuah perusahaan mempertimbangkan harga dan biaya marjinal, dan tidak terdapat eksternalitas maka yang mendapatkan keuntungan adalah mereka yang mengonsumsi hasil produksi perusahaan tersebut.
          Yang dimaksud dengan biaya marjinal pribadi adalah sejumlah tertentu uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mengonsumsi unit tambahan dari sebuah barang tertentu. Sedangkan biaya kerugian marjinal adalah kerugian tambahan yang ditimbulkan karena peningkatan aktivitas yang menyebabkan eksternalitas sebanyak satu unit.

      Lima tindakan dasar sebagai solusi dari masalah eksternalitas adalah :
  1. Pemerintah menetapkan pajak dan subsidi.
  2. Tawaran dan negosiasi pribadi.
  3. Peraturan dan prosedur yang sah.
  4. Penjualan atau pelelangan hak untuk membebankan eksternalitas, dan
  5. Peraturan langsung pemerintah.



Kegiatan Belajar 2

Barang Publik dan Sumber Daya Bersama

          Barang publik adalah suatu barang yang dapat dinikmati oleh setiap orang dalam suatu masyarakat, baik orang tersebut menginginkannya atau tidak. Sedangkan yang dimaksud dengan barang pribadi adalah suatu barang yang dapat dibagi dan disediakan untuk masing - masing individu yang berbeda, dengan tidak terdapat keuntungan eksternal atau dikenakan biaya oleh yang lain.
          Sering kali terjadi free ride problem di mana sebagian masyarakat yang tidak membayar untuk suatu barang publik turut merasakan manfaat dari barang publik tersebut. Sering kali terjadi ketidakpuasan masyarakat terhadap barang publik yang telah disediakan oleh pemerintah, hal tersebut dikarenakan preferensi setiap orang sulit untuk diketahui sehingga barang publik yang disediakan oleh pemerintah kurang optimal.


BERIKUTNYA :

- Modul 9 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro