Wednesday, October 18, 2017

Modul 9 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

Modul 9 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO



RANGKUMAN

MODUL 9

Keseimbangan Umum dan Kesejahteraan





Kegiatan Belajar 1

Pertukaran dan Produksi

          Pada analisis keseimbangan parsial, ketika akan menentukan harga keseimbangan dan kuantitasnya dalam pasar, digunakan asumsi dasar bahwa aktivitas dalam pasar hanya mempunyai sedikit pengaruh atau bahkan tidak mempunyai efek sama sekali terhadap pasar lainnya. Padahal dalam kenyataannya hal ini tidak mungkin. Sedangkan pada analisis keseimbangan umum, harga keseimbangan dan kuantitas pada semua pasar ditentukan secara serentak, dan secara eksplisit akan memberikan efek umpan balik.
          Ketergantungan antara dua pasar dalam hal kebijakan harga juga disebabkan oleh efek timbal balik. Dalam perdagangan, akan terjadi efisiensi ekonomi jika nilai MRS kedua konsumen sebanding. Dengan menggunakan diagram kotak edgeworth dapat diketahui perdagangan manakah yang menguntungkan dan perdagangan manakah yang menyediakan barang - barang secara efisien di antara konsumen.
          Sebuah alokasi disebut efisien jika pada satu titik, nilai MRS kedua konsumen sebanding. Alokasi yang efisien dapat juga dilihat dari persinggungan antara dua kurva indiferen masing -masing konsumen yang terdapat dalam kurva kontrak. Sebuah alokasi merupakan efisien Pareto jika barang - barang tidak dapat direlokasi untuk membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik tanpa membuat keadaan orang lain menjadi tambah buruk.
          Produksi yang efisien akan dicapai bila pasar - pasar input bersaing. Dalam persaingan sempurna pada pasar tenaga kerja dan kapital maka upah rata - rata akan sama pada semua industri. Dari input - input produksi yang tetap, dapat diproduksi berbagai kombinasi produk yang bermacam - macam, hal ini yang disebut dengan batas kemungkinan produksi ( production possibility frontier ). 
          Supaya terjadi ekonomi yang efisien, proses produksi harus dilakukan pada biaya produksi yang minimum dan dihasilkan kombinasi produk yang sesuai dengan kesediaan masyarakat untuk membayarnya.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Jika menginginkan terjadinya efisiensi ekonomi maka nilai MRS kedua konsumen yang melakukan perdagangan seharusnya .....
A. berbanding terbalik
B. sebanding
C. bernilai positif
D. bernilai nol

2. Titik B pada gambar di bawah ini mengilustrasikan telah terjadinya perdagangan yang .....

Modul 9 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

A. saling menguntungkan
B. saling merugikan
C. tidak ada yang diuntungkan dan tidak ada yang dirugikan
D. saling menguntungkan

3. Sebuah alokasi akan efisien jika barang - barang tidak dapat direlokasi untuk membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik tanpa membuat keadaan orang lain menjadi bertambah buruk, hal ini disebut dengan efisiensi .....
A. Pareto
B. Kaldor
C. Smith
D. Samuelson

4. Berapa nilai MRT, jika 4 buku harus diserahkan untuk mendapatkan 2 sepatu ?
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

5. Ekonomi memproduksi output secara efisien, hanya jika pada setiap konsumen berlaku .....
A. MRS = MRT
B. MRS > MRT
C. MRS < MRT
D. MRS = 2X MRT


Kegiatan Belajar 2

Kesejahteraan

          Optimal Pareto terjadi jika menjadi hal yang tidak mungkin untuk membuat seseorang menjadi lebih baik kecuali dengan membuat orang lain menjadi lebih buruk. Seberapa besar penilaian seseorang terhadap sesuatu dapat diketahui dengan menanyakan kepada orang tersebut berapa banyak yang mau dia korbankan untuk mendapatkannya. 
          Jika semua individu mempunyai nilai yang relatif sama terhadap semua produk maka hal tersebut yang dinamakan konsumsi yang efisien. Sedangkan produksi yang efisien akan terjadi jika nilai MRS semua faktor pada semua sama. Untuk efisiensi produk campuran, nilai yang subjektif dari X dalam bentuk Y harus sebanding dengan biaya marjinalnya. 
          Perbaikan Pareto adalah sebuah perubahan sosial di mana setidaknya satu orang memperoleh keuntungan dan tidak ada yang dirugikan. Sedangkan yang disebut dengan perbaikan Kaldor adalah perubahan dari pemberian sebuah output campuran yang didistribusikan dengan cara yang telah diberikan untuk output campuran yang mungkin dapat menguntungkan untuk mengompensasi pihak yang dirugikan ketika meneruskan keuntungan mereka sendiri.



Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Sebuah situasi di mana tidak mungkin untuk membuat keadaan seseorang menjadi lebih baik kecuali dengan membuat keadaan orang lain menjadi lebih buruk. Situasi tersebut disebut dengan .....
A. optimal - Kaldor
B. optimal - Pareto
C. minimal Kaldor
D. minimal Pareto

2. Disebut titik apakah di mana kedua konsumen menempati nilai yang sama untuk X relatif terhadap Y ?
A. Titik efisiensi
B. Titik sebanding
C. Titik optimal
D. Titik minimal

3. Konsumsi yang efisien membutuhkan semua individu mempunyai nilai yang relatif ..... pada semua produk.
A. lebih besar
B. lebih kecil
C. sama
D. tetap

4. Apakah yang memerlukan MRS yang sama di antara faktor - faktor pada semua industri ?
A. Konsumsi yang efisien
B. Distribusi yang efisien
C. Produk campuran yang efisien
D. Produk yang efisien

5. Efisiensi produk campuran membutuhkan nilai yang subjektif dari X dalam bentuk Y yang harus sebanding dengan biaya .....
A. marjinalnya
B. produksinya
C. pajaknya
D. faktor produksinya
 

KEMBALI KE ATAS :

- Modul 1 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro