Monday, October 16, 2017

Modul 7 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

Modul 7 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO



RANGKUMAN

MODUL 7

Ketidakpastian dan Informasi



Kegiatan Belajar 1

Konsep Dasar Ketidakpastian

          Ketidakpastian selalu menimbulkan risiko sehingga seseorang memerlukan alat ukur dalam upaya untuk memprediksi seberapa besar serta merisiko yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang sebagai konsekuensi pengambilan keputusan yang akan dilakukan dalam memilih sesuatu. Dengan alat ukur tersebut manusia berharap dapat meminimalisasi risiko.
          Probabilitas adalah kemungkinan sebuah peristiwa terjadi di masa yang akan datang sedangkan ekspektasi nilai merupakan sebuah ukuran dari kecenderungan nilai sebuah risiko. Dalam menghadapi ketidakpastian, konsumen cenderung memaksimalkan ekspektasi nilai.



Kegiatan Belajar 2

Pasar dan Informasi Asimetris

          Informasi yang asimetris menimbulkan kegagalan pasar karena salah satu pelaku pasar ( produsen atau konsumen ) memiliki informasi yang lebih banyak dibandingkan pihak yang lain. Namun, kegagalan pasar tersebut dapat dicegah dengan melakukan standarisasi produk, jaminan dan garansi.
          Kasus informasi yang asimetris sering kali terjadi pada perusahaan asuransu. Hal ini terjadi karena salah satu pihak, pembeli jasa asuransi, lebih mengetahui informasi tentang risiko yang dihadapinya dibandingkan dengan perusahaan asuransi tersebut sehingga orang yang memiliki risiko besarlah yang cenderung membeli jasa asuransi.
          Informasi asimetris juga menimbulkan masalah pricipal - agent yang membuat pemilik perusahaan ( prnicipal ) harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dalam rangka mengawasi kinerja manajer ( agent ) mereka.
          Masalah informasi yang asimetris dapat dihadapi dengan menggunakan sunyal pasar. Seorang pencari kerja dapat memberikan sinyal terkait dengan produktivitas kerja yang dimilikinya berdasarkan tingkat pendidikan.


BERIKUTNYA :

- Modul 8 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro