Monday, October 16, 2017

Modul 6 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

Modul 6 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO



RANGKUMAN

MODUL 6

Pasar Faktor Produksi



Kegiatan Belajar 1

Pasar Faktor dan Kekuatan Pasar

          Keuntungan maksimal dapat dicapai bila keadaan di mana biaya produksi tambahan yang dibayarkan kepada faktor produksi tersebut sama dengan hasil penjualan tambahan yang diperoleh dari produksi tambahan yang diciptakan oleh faktor produksi tersebut.
          Teori produktivitas marjinal dari permintaan terhadap faktor produksi dalam penerapannya diperlukan beberapa asumsi, yaitu perusahaan menjual barang yang dihasilkannya di pasar persaingan sempurna : hanya ada satu faktor produksi yang jumlah penggunaannya dapat diubah : perusahaan membeli faktor produksi yang dapat mengalami perubahan tersebut dalam pasar faktor produksi yang sifatnya persaingan sempurna. 
          Hasil penjualan marjinal dapat dihitung dengan menggunakan dua cara, yaitu produk fisik marjinal dikalikan dengan harga ; dan dengan cara menentukan beda di antara hasil penjualan total  dari produksi yang dihasilkan oleh sejumlah faktor produksi tertentu.
          Faktor - faktor yang menyebabkan pergeseran kurva permintaan produsen terhadap faktor - faktor produksi adalah ; perubahan permintaan terhadap barang yang diproduksinya dan perubahan penggunaan faktor produksi lain. Elastisitas permintaan terhadap suatu faktor produksi dipengaruhi oleh ; elastisitas permintaan barang yang dihasilkan ; perbandingan antara biaya yang dibayarkan untuk faktor produksi dengan biaya total ; tingkat penggantian di antara faktor produksi dan tingkat penurunan produksi fisik marjinal ( MPP ).



Kegiatan Belajar 2

Pasar Tenaga Kerja

          Faktor produksi merupakan input yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa, yang terdiri dari modal, tenaga kerja, kekayaan alam, dan teknologi. Kebutuhan perusahaan terhadap faktor produksi tergantung dari jumlah produksi yang diinginkan, karena jumlah produksi yang dihasilkan tergantung dari jumlah modal, jumlah tenaga kerja, jumlah kekayaan alam, dan tingkat teknologi yang digunakan.
          Upah dibedakan menjadai dua, yaitu upah nominal dan upah riil. Upah riil sangat dipengaruhi oleh perubahan harga, perubahan harga dalam perekonomian di setiap negara digambarkan dengan indeks harga terdapat keterkaitan antara kenaikan upah riil tenaga kerja dengan kenaikan produktivitas mereka. Peningkatan produktivitas tenaga kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : kemajuan teknologi produksi, perbaikan sifat - sifat tenaga kerja, dan perbaikan organisasi perusahaan dan masyarakat. 
          Pasar tenaga kerja dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk, seperti : pasar tenaga kerja yang bersifat persaingan sempurna, monopsoni, monopoli, dan monopoli bilateral. Beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan upah yang diterima oleh para pekerja, di antaranya adalah perbedaan jenis pekerjaan ; perbedaan kemampuan ; keahlian dan pendidikan ; terdapatnya pertimbangan bukan keahlian dalam memilih pekerjaan dan ketidaksempurnaan dalam mobilitas tenaga kerja.



Kegiatan Belajar 3

Pasar Kapital

          Yang dimaksud dengan barang - barang kapital adalah barang - barang yang dihasilkan oleh sistem ekonomi yang digunakan sebagai input barang dan jasa lain di masa yang akan datang. Sedangkan pasar kapital adalah struktur institusi di mana rumah tangga menawarkan tabungannya kepada perusahaan yang meminta dana untuk membeli barang kapital. 
          Dalam rangka memutuskan investasi terbaik, perlu dihitung hasil atau pengembalian dari kapital. Salah satu yang perlu dihitung adalah pengembalian rata - rata kapital. Definisi dari pengembalian rata - rata kapital adalah pengembalian rupiah net per tahun untuk setiap rupiah dari kapital yang diinvestasikan.
          Ketika suku bunga menurun dari tinggi ke rendah, nilai saat ini dari mesin yang ada, tanah, surat obligasi dan saham atau aset lainnya akan menghasilkan aliran pengembalian yang meningkat secara cepat di masa yang akan datang.


BERIKUTNYA :

- Modul 7 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro