Monday, October 16, 2017

Modul 5 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

Modul 5 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO



RANGKUMAN

MODUL 5

Persaingan Tidak Sempurna



Kegiatan Belajar 1

Monopoli

          Pasar Monopoli adalah sebuah pasar yang hanya mempunyai satu penjual tetapi mempunyai banyak pembeli. Untuk memaksimumkan laba, perusahaan harus mengatur output agar penghasilan marjinal sama dengan biaya marjinal. Pada sebuah pasar persaingan sempurna, harga sama dengan biaya marjinal, sedangkan pada pasar monopoli, harga lebih besar daripada biaya marjinal dan berbanding terbalik dengan elastisitas permintaan. 
          Pergeseran permintaan pada pasar monopoli dapat membawa perubahan harga tanpa mengubah output. Perubahan output tanpa merubah harga atau perubahan pada keduanya. Bila pada pasar persaingan sempurna, harga pasar akan naik dengan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan besar pajak yang dibebankan karena pajak ditanggung oleh produsen dan konsumen maka pada pasar monopoli kenaikan harga terkadang melebihi besar pajak yang dibebankan.
          Kekuatan monopoli dapat diukur dengan memeriksa tingkat di mana maksimisasi laba melebihi biaya marjinal. Jika elastisitas kurva permintaan semakin kecil maka kekuatan monopolinya akan semakin besar. Terdapat tiga faktor yang menentukan elastisitas permintaan perusahaan, yaitu elastisitas dari permintaan pasar, banyaknya perusahaan, dan hubungan antarperusahaan.  



Kegiatan Belajar 2

Oligopoli

          Pasar oligopoli adalah sebuah pasar yang di dalamnya terdapat beberapa perusahaan yang cukup besar sehingga bisa mempengaruhi harga pasar. Produk yang dihasilkan perusahaan - perusahaan tersebut bisa sejenis atau berlainan jenis. Perilaku masing - masing perusahaan dalam pasar oligopoli tergantung pada tingkat perilaku perusahaan yang lainnya.
          Nash equilibrium : setiap perusahaan akan melakukan yang terbaik yang dapat diberikan sebagaimana yang dilakukan oleh kompetitornya. Model cournot adalah setiap perusahaan memperlakukan tingkat output dari kompetitornya seakan sudah ditetapkan, dan kemudian memutuskan berapa banyak yang akan diproduksi.
          Dikarenakan kolusi implisit yang cenderung rapuh, maka perusahaan - perusahaan oligopolistik mempunyai keinginan yang kuat mengenai kestabilan maka kekakuan harga menjadi salah satu ciri dari industri oligopolistik.


BERIKUTNYA :

- Modul 6 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro