Monday, October 9, 2017

Modul 8 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

Modul 8 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

ESPA4220 - TEORI EKONOMI MAKRO



RANGKUMAN

MODUL 8

Model Keynesian untuk Perekonomian Terbuka



Kegiatan Belajar 1

Kurva IS - LM untuk Perekonomian Terbuka
  1. Ekspor bersih adalah perbedaan antara ekspor dengan impor. 
  2. Neraca perdagangan adalah jumlah yang diterima untuk ekspor bersih barang dan jasa.
  3. Kurs nominal adalah tingkat di mana orang - orang memperdagangkan mata uang suatu negara untuk mata uang negara lain.
  4. Kurs riil adalah tingkat di mana orang - orang memperdagangkan barang - barang yang diproduksi oleh kedua negara. Kurs riil sama dengan kurs nominal dikalikan dengan rasio tingkat harga di kedua negara tersebut.
  5. Karena kurs riil adalah harga barang domestik relatif terhadap harga barang luar negeri, apresiasi kurs riil cenderung mengurangi akspor bersih.
  6. Ekspor neto dipengaruhi oleh pendapatan dalam negeri, pendapatan luar negeri, dan kurs riil. Saat pendapatan domestik tinggi ekspor neto negatif, sedangkan saat pendapatan rendah ekspor neto positif.
  7. Model Mundell - Fleming adalah model IS - LM untuk perekonomian terbuka kecil. Model itu menganggap tingkat harga adalah tetap ( given ).
  8. Jika investor merasa tidak aman memegang aset dalam sebuah negara, tingkat bunga di negara itu melebihi tingkat bunga dunia sebesar premi risiko. Menurut model Mundell - Fleming, kenaikan premi risiko menyebabkan tingkat bunga naik dan mata uang negara itu terdepresiasi.



Kegiatan Belajar 2

Keseimbangan Neraca Pembayaran Internasional : Kurva BP
  1. Transaksi neraca pembayaran adalah catatan dari transaksi antara satu negara dengan negara lainnya, transaksi modal menjelaskan transaksi dalam bentuk modal, sedangkan transaksi berjalan meliputi transaksi barang dan jasa.
  2. Setiap pembayaran kepada orang asing adalah pos defisit di dalam neraca pembayaran. Setiap pembayaran yang diterima dari orang asing dicatat sebagai pos surplus. Defisit atau surplus neraca pembayaran adalah jumlah defisit atau surplus transaksi berjalan dan modal.
  3. Surplus neraca pembayaran akan mengakibatkan apresiasi kurs, sedangkan defisit neraca pembayaran akan mengakibatkan depresiasi kurs.
  4. Keseimbangan neraca pembayaran adalah kondisi di mana keseluruhan neraca pembayaran adalah sama dengan nol, tidak mengalami surplus dan tidak pula mengalami defisit.



Kegiatan Belajar 3

Pengaruh Kebijakan Ekonomi terhadap Kurva IS, LM, dan BP pada Perekonomian Terbuka
  1. Model Mundell - Fleming menunjukkan bahwa kebijakan fiskal tidak mempengaruhi pendapatan agregat di bawah kurs mengambang. Ekspansi fiskal menyebabkan mata uang berapresiasi, yang menurunkan ekspor neto dan menghapus dampak ekspansioner terhadap pendapatan agregat. Kebijakan fiskal mempengaruhi pendapatan agregat di bawah kurs tetap.
  2. Model Mundell - Fleming menunjukkan bahwa kebijakan moneter tidak mempengaruhi pendapatan agregat di bawah kurs tetap. Jumlah uang beredar harus disesuaikan untuk menjamin bahwa kurs tetap berada pada tingkat yang di umumkan. Kebijakan moneter mempengaruhi pendapatan agregat di bawah kurs mengambang.


BERIKUTNYA :

- Modul 9 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro