Tuesday, October 10, 2017

Modul 2 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

Modul 2 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO



RANGKUMAN

MODUL 2

Perilaku Konsumen


Kegiatan Belajar 1

Teori Freferensi Konsumen

          Dalam kehidupannya manusia mempunyai begitu banyak kebutuhan dan keinginan yang harus dipenuhinya. Akan tetapi, alat pemuas kebutuhan dan keinginan manusia jumlahnya sangatlah terbatas. Keterbatasan pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia ini disebut dengan kelangkaan ( scarcity ). Dengan anggaran yang terbatas, manusia dituntut untuk memaksimalkan kepuasannya.
          Indifference curve adalah sebuah kurva yang menunjukkan kumpulan bundel barang yang dikonsumsi yang memberikan tingkat kepuasan yang sama kepada konsumen. MRS adalah jumlah barang yang akan konsumen berikan untuk mendapatkan yang lain. Nilai MRS dapat dihitung dengan membagi selisih jumlah barang yang terdapat pada sumbu Y dengan selisih jumlah barang yang terdapat pada sumbu X.
          Kepuasan ( utility ) adalah suatu nilai yang mewakili kepuasan konsumen yang diperoleh dari keranjang belanja yang diberikan. Pilihan adalah interaksi dari preferensi dan keterbatasan yang menyebabkan manusia harus memilih. Dalam analisis ekonomi banyak digunakan asumsi cateris paribus yang menganggap bahwa semua faktor adalah konstan, hanya faktor yang dipelajari yang diperbolehkan berubah.



Kegiatan Belajar 2

Permintaan Individu dan Permintaan Pasar

          Pada hukum permintaan dinyatakan bahwa makin rendah harga dari suatu barang maka akan semakin banyak permintaan atas barang tersebut, demikian pula sebaliknya.
           Terdapat dua macam barang dalam pemenuhan kebutuhan manusia, yaitu barang normal dan barang inferior.
          Permintaan individu terhadap barang dan jasa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain efek substitusi dan efek pendapatan.
          Permintaan pasar didefinisikan sebagai jumlah total dari barang atau jasa yang diminta oleh semua pembeli potensial. Jumlah permintaan pasar diketahui dengan menjumlahkan permintaan individu - individu.


BERIKUTNYA :