Sunday, October 8, 2017

Modul 2 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

Modul 2 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

ESPA4220 - TEORI EKONOMI MAKRO



RANGKUMAN

MODUL 2

Teori Klasik dan Neoklasik

 
Kegiatan Belajar 1

Teori Klasik

          Secara umum, dapat kita katakan bahwa teori klasik merujuk pada lima hal pokok yang dapat kita jabarkan secara sederhana sebagai berikut :
  1. Adam Smith, dalam bukunya The Wealth of Nation, mengemukakan bahwa sistem pasar bebas akan menciptakan keseimbangannya sendiri. Apabila terjadi ketidakseimbangan pasar, maka secara otomatis akan terjadi penyesuaian - penyesuaian menuju ke keseimbangan baru. Yang menggerakkan sistem pasar bebas tersebut biasa dikenal sebagai "the invisible hand". Pengaturan semacam ini memungkinkan terwujudnya efisiensi yang tinggi, karena setiap pelaku ekonomi akan selalu berusaha untuk mencapai prestasi yang maksimum, di mana produsen cenderung memaksimumkan profit dan konsumen cenderung memaksimumkan utilitas.
  2. Hukum Say, fleksibilitas upah, dan kesempatan kerja penuh. Para ekonom klasik berkeyakinan bahwa kesempatan kerja penuh akan selalu tercapai dalam perekonomian. Pengangguran adalah masalah sementara. Dalam sistem pasar bebas akan ada penyesuaian - penyesuaian otomatis yang, memungkinkan terjadinya kesempatan kerja penuh. Hal ini bisa terjadi karena dalam perekonomian tidak terdapat kekurangan permintaan agregat serta fleksibilitas upah akan mengembalikan keseimbangan di pasar tenaga kerja. HukumSay mengatakan bahwa " supply creates its own demand ".
  3. Dalam teori kuantitas, ahli - ahli ekonomi klasik menunjukkan bahwa peranan uang dalam perekonomian adalah netral, di mana perubahan jumlah uang yang beredar tidak akan mempengaruhi produksi nasional. Perubahan penawaran uang hanya akan mempengaruhi tingkat harga.
  4. Para ekonom klasik tidak menyetujui campur tangan pemerintah yang aktif mengatur kegiatan perekonomian.



Kegiatan Belajar 2

Teori Neoklasik          
  1. Teori neoklasik merupakan hasil pemikiran para pakar ekonom yang mendukung sistem liberal. Dari sekian banyak tokoh neoklasik yang dianggap sebagai tokoh utama adalah Alfred Marshall yang berjasa memperbaharui asas dan postulat dan pandangan dari teori klasik.
  2. Hukum Gossen dan Pigon Effect juga merupakan hasil pemikiran dalam teori neoklasik yang dikemukakan oleh Henrich Gossen dan Arthur Cecil Pigou. Selain itu, analisis input output yang dikembangkan atas dasar matematika dari Walras dan Hukum Pareto Optimal juga merupakan hasil dari teori neoklasik.



Kegiatan Belajar 3

Pengharapan yang Rasional ( Rational Expectation )
  1. Teori RATEX sebagai suatu pendekatan teori neoklasik, dan juga ekstrim monetaris, merupakan suatu pendekatan yang perlu diperhitungkan dalam wacana pengembangan teori ekonomi makro. Namun sejauh mana teori tersebut dapat diterapkan sangat tergantung dari situasi dan kondisi suatu negara, yang memungkinkan asumsi - asumsinya dapat dilaksanakan. Tanpa dipenuhinya asumsi - asumsi dasar, maka model ekspektasi rasional tidak dapat bekerja.
  2. Indonesia sebagai negara berkembang yang belum sepenuhnya melaksanakan mekanisme pasar bebas, ditambah dengan berbagai faktor internal lainnya, mengakibatkan sangat sulit untuk mengadopsi ekspektasi rasional dalam mengelola manajemen ekonomi makronya. Namun demikian perlu ada langkah - langkah nyata bagi terwujudnya sistem informasi yang mapan di kemudian hari.


BERIKUTNYA :