Tuesday, August 22, 2017

Modul 3 : EKMA4116 - Manajemen

Modul 3 : EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - MANAJEMEN


RANGKUMAN

MODUL 3
Perencanaan dan Pengambilan Keputusan




Kegiatan Belajar 1
Perencanaan

          Perencanaan dapat didefinisikan secara sederhana sebagai suatu upaya untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin diraih serta mengambil sejumlah langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut. Melalui perencaan yang baik seorang manajer akan mampu mengetahui apa saja yang harus dilaksanakan dan bagaimana cara melakukannya. Misalnya saja menentukan tingkat penjualan dalam kurun waktu tiga bulan ke depan, kebutuhan modal tambahan untuk menambah kuantitas produksi, pengurangan persediaan sebagai akibat menurunnya permintaan, prediksi kebutuhan karyawan sebagai dampak perluasan kapasitas produksi dan sebagainya.
          Organisasi tanpa perencanaan ibarat orang yang melakukan terjun payung tanpa menggunakan parasut. Atau seperti seorang eksekutif berkata bahwa apa yang tidak direncanakan hari ini tidak akan terlaksana besok. Apabila ada orang yang menyatakan "bagaimana besok saja" maka jangan berharap orang atau organisasi tersebut mencapai kesuksesan. Mereka yang hanya menggantungkan diri kepada harapan dan tindakan improvisasi di saat mereka menghadapi situasi di lapangan maka mereka sebenarnya adalah orang dan organisasi yang tidak mampu memaknai kehidupan secara lebih luas. Jadi, untuk mencapai kesuksesan maka mereka harus membuat perencanaan dari yang global sampai rinci, sehingga mudah untuk memvisualisasikan pencapaian target di masa depan. Pembuatan rencana menjadi kompleks karena rencana kerja dan interaksi yang melibatkan antar anggota tim perlu diatur sedemikian rupa sehingga bisa saling mendukung untuk mencapai target.


Tes Formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dengan mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai tujuan tersebut. Adalah definisi dari fungsi .....
A. pendelegasian 
B. pengendalian 
C. produksi
D. perencanaan

2. Mengembangkan serangkaian kegiatan adalah dasar perencanaan suatu organisasi yang berada pada tahap ke .....
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat

3. Banyak faktor yang menyebabkan perencanaan menjadi langkah penting dalam manajemen salah satu nya adalah .....
A. membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan 
B. membuat tujuan menjadi umum 
C. memperlambat waktu operasional
D. membantu memaksimalkan pekerjaan yang tidak penting

4. Salah satu tipe rencana sekali pakai yang sering digunakan adalah perencaan .....
A. proyek 
B. tetap
C. objek
D. jangka panjang

5. Perencanaan yang berusaha memprediksi kesesuaian antara produk dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, adalah bentuk perencanaan dengan pendekatan .....
A. Management by objective
B. Social demand
C. Cost benefit rasio 
D. Contingency

6. Pendekatan yang menyebabkan implementasi tidak sesuainya dengan perencanaan yang telah disusun karena adanya perubahan adalah pendekatan .....
A. Social demand
B. Contingency
C. Top down
D. Bottom Up


 
Kegiatan Belajar 2 
Pengambilan Keputusan

         Pembuatan keputusan adalah fungsi mendasar dari manajemen, seperti halnya dengan kepemimpinan dan komunikasi. Pembuatan keputusan adalah salah satu kemampuan utama yang harus dikuasai setiap manajer. Hal ini disebabkan pembuatan keputusan sangat diperlukan pada semua tahap kegiatan administrasi dan manajemen. Misalnya saja di saat proses perencanaan berlangsung, berbagai proses membuatan keputusan dilakukan untuk memilih alternatif dan prioritasnya. Pembuatan keputusan tersebut mencakup kegiatan mengidentifikasi dan menganalisis masalah, mengidentifikasi kriteria keputusan, mempertimbangan kriteria, mengembangkan alternatif, membandingkan dan mengevaluasi semua alternatif pemecahan, menilai risikonya, memilih alternatif terbaik dan mengimplementasikan keputusan. Untuk memperlancar proses pengambil keputusan tersebut kita harus mengetahui kunci pokok keberhasilan implementasi keputusan. Kunci kesuksesan tersebut adalah komitmen, penyampaian hasil keputusan berupa pengumuman, jumlah dan kualitas personalia yang akan melaksanakan keputusan, fasilitas yang mendukung pelaksanaan keputusan, waktu pelaksanaan, dan pertanggungjawaban pelaksanaan keputusan.
          Saat ini telah banyak berkembang berbagai teknik pembuatan keputusan. Teknik Curah Pendapat Temu Muka, Teknik Kelompok Nominal, Teknik Delphi, Teknik Curah Pendapat Elektronik adalah empat teknik yang biasa dimanfaatkan pada pengambilan keputusan dalam kelompok. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Tes Formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat ! 
1. Proses pemilihan dan penilaian berbagai alternatif diawali dengan mengidentifikasi masalah yang mempengaruhi .....
A. efektivitas
B. tujuan
C. produktivitas
D. peranan fungsi manajemen

2. Penyebab seringnya orang kurang mampu memecahkan masalah secara optimal adalah karena mereka .....
A. menggunakan intuisi dan perasaan saja 
B. kurang memahami tujuan
C. menghadapi situasi yang tidak terduga 
D.tidak mungkin mengetahui semua alternatif yang ada 

3. Berkurangnya kualitas proses pembuatan keputusan akan meninggalkan kemungkinan bagi pembuat keputusan menghadapi masalah dalam hal .....
A. perencanaan
B. implementasi
C. evaluasi
D. pemilihan alternatif

4. Proses pembuatan keputusan sering kali kurang memuaskan banyak pihak. Hal itu antara lain disebabkan oleh adanya keterbatasan .....
A. informasi yang tidak lengkap
B. kemampuan menginterpretasikan hasil
C. pengetahuan pengambil keputusan
D. kemampuan organisasi

5. Suatu alternatif penyelesaian yang baik dalam organisasi sering kali tidak mampu menyelesaikan masalah yang seharusnya diselesaikan sebab .....
A. timbulnya resistensi dari sebagian karyawan 
B. tidak ada komunikasi yang efektif
C. sedikinya dukungan pimpinan atasan 
D. kurangnya perhatian terhadap langkah implementasi

6. Teknik pembuatan keputusan yang menggunakan prosedur untuk menghindarkan orang dari kritikan dan memberikan kesempatan kepadanya bekerja secara independen disebut dengan teknik .....
A. Synthetic group brainstorming
B. Delphi
C. Kelompok Nominal
D. Curah Pendapat Elektronik 


BERIKUTNYA :

- Modul 4 : EKMA4116 - Manajemen