Monday, August 28, 2017

Modul 11 : EKMA4116 - Manajemen

Modul 11 : EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - MANAJEMEN



RANGKUMAN

MODUL 11

Komunikasi dan Motivasi dalam Organisasi




Kegiatan Belajar 1

Komunikasi dalam Organisasi

          Komunikasi merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai tujuan organisasi. Sedemikian pentingnya komunikasi sehingga setiap pimpinan secara rutin harus berkomunikasi dengan bawahannya sebelum mengambil keputusan. Dalam memfasilitasi agar terjadi komunikasi efektif, komunikasi harus memiliki alat dan media komunikasi yang lengkap. Semua sarana tersebut digunakan untuk melakukan berbagai proses dan bentak komunikasi ( verbal dan non-verbal ), menghindari timbulnya kesalahpahaman dalam berkomunikasi, dan memperbaiki atau meningkatkan komunikasi.
          Secara garis besar bentuk komunikasi bermacam - macam, baik oral, visual ( ingat : a picture counts a thausand words ) tertulis ( langsung atau diberitakan melalui media, baik cetak, TV atau radio ), maupun tertulis yang " dibacakan orang lain " ( contohnya, sambutan yang dibacakan oleh orang lain). Apa pun bentuknya, kita perlu memanfaatkan komunikasi dengan pola dan cara yang benar dan untuk kebutuhan yang positif pula. Saat sekarang komunikasi seringkah menjadi rancu karena adanya prejudice atau kecurigaan - kecurigaan terhadap banyak hal. Dalam hal ini cara berkomunikasi yang efektif menjadi krusial. Kita perlu menerapkan cara berbicara dan mendengarkan secara benar. 
          Dalam komunikasi sering terjadi kesalahpahaman, baik dalam pengembangan, penyampaian, penerimaan, maupun penafsiran pesan. Untuk dapat berbicara dengan benar, maka sebaiknya kita memanfaatkan cara penyampaian informasi secara asertif dengan mengutamakan " kejelasan pesan " yang akan disampaikan. Informasi tersebut juga harus, " mudah " dimengerti. Hal ini penting untuk menghindari agar informasi yang akan disampaikan tidak mudah diputarbalikkan atau di salah interpretasikan, sehingga dapat menghindari berbagai bentuk penyimpangan.


Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat

1. Pemanfaatan komunikasi yang paling utama oleh umat manusia adalah untuk .....
A. meningkatkan pemahaman setiap kelompok
B. menjalin hubungan bisnis
C. meningkatkan taraf kehidupan
D. meraih kesuksesan lebih besar lagi 

2. Menurut Cole sedikitnya setiap hari kita menghabiskan waktu untuk berbicara sebanyak .....
A. 50 persen
B. 60 persen
C. 70 persen
D. 80 persen

3. Kata komunikasi berasal dari bahasa latin communicatio, yang berarti .....
A. pemberitahuan
B. pembicaraan
C. persahabatan
D. pertemuan

4. Pengertian komunikasi sebagai proses yang digunakan oleh individu untuk mencari kesamaan arti melalui transmisi pesan simbolik dinyatakan oleh .....
A. Cole
B. Stoner, Freeman, dan Gibert
C. Charles Cooley
D. Ferales dan Pace

5. Faules Pace (1993) sepakat bahwa dalam proses komunikasi terdapat dua bentuk umum tindakan yang terjadi, yaitu adanya .....
A. pemilihan saluran dan penetapan penerima pesan
B. kesamaan tindakan dan perilaku para pelaku komunikasi
C. keserasian antara pengirim dan penerima pesan
D. penciptaan pesan dan penafsiran pesan

6. Anggota kelompok yang berada dalam kelompok besar dalam suatu komunikasi massa akan sangat sedikit memiliki kesempatan memberikan .....
A. komentar
B. pertanyaan
C. kritik dan saran
D. umpan balik

7. Agar supaya ide atau gagasan bisa diterima atau dipahami dengan sempurna oleh penerima pesan, maka komunikator harus mempertimbangkan .....
A. suasana pada saat mengirim pesan
B. kecanggihan saluran komunikasi yang digunakan
C. penggunaan bahasa Indonesia yang mudah dipahami
D. bobot pesan yang akan dikirim

8. Komunikasi dalam bentuk perintah, instruksi, dan prosedur yang berhubungan dengan masalah tanggung jawab dan wewenang mengarah kepada aliran ( flow ) komunikasi dari ...
A. bawah ke atas
B. atas ke bawah
C. horizontal
D. diagonal

9. Untuk mengatasi distorsi ketika berkomunikasi dalam organisasi maka sebaiknya organisasi tersebut .....
A. memiliki struktur organisasi yang semi flat 1
B. membuet rentang kendali ( span of contiol ) lebih sedikit
C. menggunakan berbagai saluran komunikasi sekaligus
D. tidak terlalu banyak jenjang dalam strukturnya

10. Seorang bawahan tidak mau menerima informasi atau menolak untuk mendengar informasi yang disampaikan atasannya disebabkan karena ia telah membentuk emosi negatif terhadap orang yang memberi informasi. Tindakan bawah ini disebut sebagai .....
A. secenderung menghakimi
B. pertahanan
C. perlindungan
D. pengharapan yang kurang sesuai


BERIKUTNYA :

- Modul 12 : EKMA4116 - Manajemen